Kamis, 06 Oktober 2011

Ayo Tambah Wawasan Pengetahuan Alam di La Terre Entre Nos Mains

BANDUNG - Bagaimana cara merebus air menggunakan energi matahari? Bagaimana pula mengetahui kandungan energi dalam setiap logam? Atau bagaimana cara membangun rumah tahan gempa?

Semua pertanyaan tersebut dijawab dalam pameran bertema La Terre Entre Nos Mains (bumi dalam genggaman kita) di Gedung Geologi Bandung, Jawa Barat.

Dalam pameran hasil kerja sama Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) dengan Centre Culturel Francais (CCF) itu, dipamerkan belasan alat peraga mengenai kejadian alam karya para peneliti atau ilmuwan asal Prancis.

Pameran disajikan secara interaktif, sehingga pengunjung bisa mengoperasikan tiap alat peraga yang dipamerkan. Di antaranya, miniatur alat memasak air dengan sinar matahari, terdapat pula rantai makanan, rumah tahan gempa, proses terjadinya banjir, dan lain sebagainya.

Selain itu, terdapat alat yang bernama Ecological Footprint. Alat ini menjelaskan bahwa penduduk dunia telah membludak. Layaknya luas lahan yang digunakan satu warga sekira 2 hektare.

Ia mencontohkan, Amerika Serikat (AS) saat ini memiliki 308,7 juta penduduk. Jumlah tersebut dibagi luas AS yang menghasilkan rata-rata seorang warga AS memakai lahan seluas 3,9 hektare per orang per tahunnya. Berdasarkan hasil tersebut, AS merupakan negara yang kelebihan penduduk.

Panitia penyelenggara dari CCF, Abu Bukarasa, menjelaskan pameran sains dan teknologi ini mengangkat tiga tema utama yakni tentang manusia dan lingkungan, energi di masa depan, dan keberagaman hayati.

"Pameran ini menghadirkan alat-alat simulasi kejadian alam. Dengan mengetahui kejadian alam, kita akan sadar tentang apa yang harus dilakukan terhadap bumi," jelas Abu, di sela pameran, Senin (3/10/2011).

Kegiatan yang memamerkan hasil karya para saintis Prancis itu akan berlangsung hingga 19 Oktober 2011. Selain di Bandung, pameran serupa juga digelar di Pusat Kebudayaan Prancis (CCCL) Surabaya 3-15 November, dan di Institut Francais d'Indonesie (IFI) Jakarta 22 November - 14 Desember 2011.

Sejak dibuka, pameran ini berhasil menarik perhatian pelajar tingkat SMA. Hal ini terbukti dari ratusan pelajar telah mengunjungi pameran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar